Pendidikan khusus kontemporer meliputi hal-hal
yang sangat kompleks mengenai sosial dan sistem konseptual yang dirancang untuk
membantu semua anak dan remaja yang berkebutuhan
khusus untuk mencapai potensi mereka secara optimal. Pendidikan khusus
dirancang untuk mengakomodasi siswa yang berbeda dengan rata-rata pada banyak
bidang fungsi. Anak-anak dan remaja yang dilayani memiliki sifat-sifat dan
karakteristik yang unik.
Filsafat dan praktik terlihat pada program
pendidikan khusus yang dibangun berdasarkan sejarah yang panjang dan terhormat.
Pendidikan khusus adalah aktivitas profesional
integratif yang dilakukan dengan layanan yang menggunakan berbagai bidang
pengetahuan dan tergantung pada teknik, konsep, dan praktik beberapa disiplin
atau peraturan. Segudang kekuatan dari luar serta beberapa contohnya seperti undang-undang,
politik, kedokteran, etika, dan ekonomi. Historis yang kompleks dan beragam
dalam pendidikan khusus dipengaruhi oleh begitu banyak disiplin ilmu yang
berbeda dan bidang terikat untuk mengungkapkan isu-isu kontroversial serta terbuka
untuk diperdebatkan. Pada penerapannya di lapangan juga cenderung untuk
mencerminkan tren utama dan perubahan, baik dalam sistem sekolah dan di
masyarakat secara umum. Sebagai contoh, perdebatan tentang pendidikan inklusif adalah
topik penting dalam pendidikan khusus, tetapi juga mencerminkan tren utama menuju praktek inklusif di seluruh sistem pendidikan
dan perubahan persepsi masyarakat tentang hak-hak individu dan pendidikan. Dari
dalam dan dari diri mereka sendiri, isu seputar pendidikan khusus kontemporer sangat
menarik untuk banyak di sosialisasikan pada masyarakat kita, kami sekolah, dan
cara kita memandang dan memperlakukan individu yang berbeda. Lebih tajam,
sebagai prakarsa reformasi di seluruh sistem pendidikan (termasuk pendidikan
khusus) telah menggeser ke arah tujuan, keterukuran data, akuntabilitas guru,
dan peningkatan tanggung jawab guru, baik calon maupun yang berlatih menjadi pendidik
perlu memperluas persepsi, pengetahuan, dan keterampilan mereka. Apakah mereka
secara khusus memberikan jasa pendidikan khusus atau apakah mereka guru kelas
umum yang bertanggung jawab termasuk juga pada siswa dengan kebutuhan khusus. Guru
memerlukan pemahaman yang menyeluruh tentang isu-isu yang dihadapi pendidikan
khusus. Dilihat dari berbagai masalah sangat penting sehingga profesional dapat
memahami, menjelaskan, dan mengambil sikap pada isu-isu yang ada di lapangan. Reformasi
di bidang pendidikan yang terus menerus dan mencerminkan masyarakat dilihat
dari apa yang penting pada waktu tertentu. Dinamika ini membuat reformasi di pendidikan
masalah sosial terbuka dengan beberapa solusi definitif. Perubahan dalam pendidikan
khusus dipengaruhi oleh banyak kekuatan sosial eksternal, legislatif, dan ekonomi
yang mempengaruhi kemajuan dan praktek perusahaan.
SEKOLAH INKLUSIF
Dalam hal sejarah, pertanyaan dari mana
anak-anak cacat pergi ke sekolah dan di mana mereka duduk adalah argumen utama
dengan benang yang menyentuh hampir setiap aspek lain dari filosofi dan proses
pendidikan khusus, seperti sikap guru, keterampilan, dan prioritas; personil;
standar sertifikasi; dan jenis dan kualitas program pelatihan, kurikulum, dan penilaian.
Seperti yang kita lihat paradigma bergeser dan restrukturisasi pendidikan
khusus, isu yang paling hangat diperdebatkan dari 1990 keprihatinan inklusi,
atau sekolah inklusif. reformasi pendidikan yang sedang berlangsung ini. Gerakan
telah membawa berbagai masalah pendidikan lainnya ke dalam fokus. Sebuah
spektrum yang luas tren dan gerakan, semua yang terkait dalam beberapa cara
untuk inklusi, yang erat untuk pendidikan khusus kontemporer sebagai pendidik
melanjutkan upaya mereka untuk reformasi, merubah, dan umumnya meningkatkan
pelayanan bagi siswa dengan kebutuhan khusus. Beberapa masalah telah menerima
perhatian dan telah menghasilkan kontroversi dan polarisasi perspektif sebagai
gerakan untuk memasukkan semua anak-anak dengan cacat ke dalam kelas reguler.
Karena inklusi jadi pusat kontemporer pendidikan khusus dan karena inklusi
membentuk inti dari teks ini, masuk akal untuk membahas beberapa parameter
gerakan sini. Pertama, inklusi tidak eksklusif untuk pendidikan khusus,
melainkan mengadopsi anak. Panggilan
untuk pendidikan inklusif adalah hasil dari serangkaian kompleks dari wacana
tentang kesetaraan pendidikan yang didorong oleh perubahan demografi, ideologi,
dan persepsi dari kelompok yang terpinggirkan serta oleh terkait isu-isu sosial
(lihat Mithaug 1998). Selama tahun 1960, lembaga pendidikan di semua tingkatan
mulai menanggapi gerakan hak-hak sipil di berbagai cara dan dari perspektif
yang berbeda. Inklusi muncul sebagai gagasan yang luas, keadilan sosial yang
diwujudkan sebagai ungkapan kepedulian menjaga hak-hak semua siswa. Individu
tidak dibatasi karena beberapa yang tidak dapat diubah sifat. Sebaliknya, sekolah
inklusif adalah salah satu yang “terstruktur untuk melayani berbagai siswa;
lingkungan yang fleksibel dan terorganisir untuk memenuhi kebutuhan unik dari
semua siswa. Dalam sebuah sekolah inklusif, setiap orang berada, diterima, mendukung,
dan didukung sementara memiliki individu kebutuhan pendidikan bertemu” (Barnes
dan Lehr 1993, 82). Selain masalah sosial yang luas dari kelompok marjinal
termasuk, yang 1980-an dan 1990-an melihat kritikus mengambil sekolah untuk
tugas untuk banyak dosa. Itu Seluruh pendidikan publik telah datang di bawah serangan
dari media, pemerintah, orang tua dan kelompok kepentingan lainnya, kritikus
pendidikan, dan akademisi. Banyak inisiatif yang berbeda yang dirancang untuk
meningkatkan pendidikan yang gugur di bawah rubrik reformasi sekolah. Satu upaya
gelombang reformasi yang membawa inklusi ke permukaan, perubahan dramatis dalam
populasi sekolah di Amerika Serikat dan Kanada dalam dua puluh tahun terakhir.
Campuran dari berbagai bahasa, etnis, nasional, dan kelompok-kelompok agama dan
spektrum yang luas dari fisik karakteristik (termasuk gender dan cacat) membawa
keragaman yang sangat besar pendidikan kontemporer. Sekolah umum , sekarang
dihadapkan dengan linguistik dan budaya keragaman yang luar biasa. Perubahan
demografi tersebut dan populasi siswa
memiliki banyak budaya dan bahasa yang berbeda yang membuat kekhawatiran
tentang ekuitas “putus asa lebih mendesak” (Li 1994, 132).
Di pertengahan 1980-an, pendidikan
khusus menjadi sangat terlibat dalam upaya reformasi dan tercermin reformasi
dalam pendidikan umum. Proses bertahap perubahan evolusioner secara tradisional
ditandai dengan pendidikan khusus yang menjadi sasaran tantangan oleh para kritikus.
Di lapangan dihadapkan dengan tekanan besar untuk perubahan; kritik datang dari
baik di dalam dan tanpa lapangan, dan retorika menuntut paradigma baru. Banyak profesional,
orang tua, dan guru serius mempertanyakan efektivitas dan struktur pendidikan
khusus, dan panggilan bergema untuk melanggar cetakan, untuk “revolusi,” untuk
“pergeseran paradigma,” untuk “konseptualisasi fundamental,” dan untuk “Restrukturisasi
radikal” (Kauffman 1993, 10). Sentral untuk isu itu adalah relatif nilai
pengaturan terpisah dan terintegrasi dan apakah yang terpisah atau terintegrasi
seperti kelas yang ditawarkan ekologi pendidikan kualitatif berbeda. Banyak
memegang posisi itu pengalaman pendidikan siswa harus mempromosikan keanggotaan
dalam kelompok heterogen siswa yang berbagi ikatan utama dalam
pengalaman-pengalaman mereka menjadi anak-anak dan belajar bersama-dibandingkan
dengan keanggotaan dalam kelompok yang berbagi klasifikasi kecacatan sebagai
common denominator. Sama penting adalah pengembangan dan status pendidikan
khusus sebagai terpisah dari pendidikan-sistem kedua umum dengan sendiri
populasi diskrit, spesialis, penilaian, paradigma, dan pendanaan.
Reguler Education Initiative (REI)
menyerukan restrukturisasi pendidikan khusus dan menyarankan perubahan dramatis
dalam kebijakan pemerintahan pengobatan dan pendidikan siswa berkebutuhan
khusus (Kauffman 1989). REI menekankan kompetensi akademik, meskipun diterapkan
untuk banyak siswa penyandang cacat, orang-orang dengan kebutuhan pendidikan
intensif yang bermasalah karena kebutuhan mereka melampaui kurikulum
perkembangan normal yang guru kelas bertanggung jawab untuk beradaptasi dengan
peserta didik (Jenkins, Saleh, dan Jewell 1990).
Reformasi lebih lanjut mendapatkan
dorongan yang cukup besar dalam pertengahan 1980-an dari advokasi Madeline
Will, kemudian asisten sekretaris Amerika Serikat Kantor Pendidikan Khusus dan
Rehabilitasi Services, dan dari pendidik terkemuka lainnya. Pendidik khusus bergabung
untuk reformasi pendidikan umum, mereka maju karena resep utama untuk penyakit
yang dirasakan pendidikan khusus kontemporer,
gerakan beragam disebut sebagai “inklusi,” “inklusif sekolah,”‘pendidikan
inklusif,’atau kadang-kadang,‘inklusi progresif.’ Tujuan menyeluruh adalah
untuk menciptakan perubahan dalam komunitas sekolah yang dikoordinasikan dan
menjembatani program dan layanan yang bisa mengubah sekolah ke tempat-tempat di
mana semua siswa bisa belajar bersama.
Dalam pendidikan khusus, inklusi dapat
menyederhanakan dilihat sebagai bergerak untuk memberikan pendidikan kepada
anak-anak dengan kekhususan di sekolah atau kelas bahwa mereka akan hadir jika
mereka tidak luar biasa. Untuk program untuk sepenuhnya inklusif mensyaratkan
bahwa anak-anak dengan kekhususan diajarkan di kelas pendidikan umum untuk hari
penuh; layanan dukungan dibawa ke anak bukannya anak yang dihapus untuk
pengaturan terpisah. Tujuan dasarnya adalah untuk tidak meninggalkan orang di
luar komunitas sekolah dan ruang kelas dari awal, dan fokusnya adalah pada
kebutuhan dukungan dari semua siswa dan personil (Stainback, Stainback, dan
Jackson 1992).
Tidak ada model tunggal inklusi: Ini
belum struktur sepenuhnya dikembangkan dengan dasar yang solid data. Makna
inklusi tidak seragam diserap. Kedua dalam konsep dan pelaksanaan, itu menentang
interpretasi mudah. Itu Gerakan saat menjadi tuan rumah berbagai posisi
teoritis yang terkait dengan filosofi yang mendasari, hubungan anak-anak yang
ditargetkan untuk dimasukkan, sifat penyediaan pendidikan umum, dan cara yang
mendukung disediakan.
Mereka yang berpendapat inklusi yang
harus berlaku untuk semua siswa penyandang cacat dan yang percaya bahwa semua
siswa termasuk dalam kelas reguler sepanjang waktu. Banyak dari inclusionists
penuh berpendapat bahwa keinginan pilihan penempatan, yang diwakili oleh
kontinum layanan, telah hidup lebih lama manfaatnya. Untuk kelompok ini, tidak
ada transformasi yang berarti dapat terjadi kecuali pendidikan khusus dan
kontinum yang penempatan yang dihilangkan sama sekali. Beberapa di kelompok ini
telah menyerukan restrukturisasi keseluruhan untuk menggabungkan pendidikan reguler
dan pendidikan khusus dan memiliki berpendapat untuk penghapusan organisasi dan
struktur pendidikan khusus.
Lebih lanjut sepanjang spektrum adalah
mereka yang mendukung inklusi parsial dan berpendapat bahwa hanya siswa yang
memenuhi standar tertentu harus diintegrasikan ke dalam kelas reguler penuh
waktu. ruang kelas umum, mereka mengatakan, mungkin yang paling tepat penempatan
bagi banyak siswa penyandang cacat untuk menerima pendidikan mereka, tetapi
penelitian jelas tidak mendukung pernyataan bahwa semua siswa dapat dikelola
dan diajarkan secara efektif dalam kelas umum (misalnya, Braaten et al 1988;.
Lundrum 1992; Walker dan Bullis 1991). Promotor inklusi mengutuk konsep parsial.
Sama seperti inklusi penuh secara tata bahasa berlebihan, sehingga frase
inklusi parsial bertentangan. Tidak ada hal seperti inklusi parsial; hanya
lebih dari apa yang telah dilakukan untuk waktu yang lama dalam kedok
pengarusutamaan (Idol 1997)
Masa depan gerakan inklusi adalah
prediksi kita tidak bisa membuat. Apakah pekerjaan inklusi? Kami tidak
benar-benar tahu. Penelitian saat ini hanya menyediakan pointer mentah ke
keberhasilan atau kesesuaian inklusi (Thomas 1997), dan tidak bisa mengatakan
apakah inklusi yang baik atau buruk, efektif atau tidak efektif-terutama bagi
siswa dengan kondisi insiden tinggi seperti ketidakmampuan belajar
(“Inclusion-mana ...” 1996).
REVIEW
Review Pendidikan Khusus di abad ke-21: Isu Inklusi dan Reformasi. Banyak argumen yang mendukung inklusi tidak hanya untuk anak-anak dengan cacat berat, tetapi juga untuk anak-anak dengan hadiah akademik. Saya setuju dengan penulis yang membahas teknologi baik kritis dan optimis. Selain itu, buku ini ditulis oleh akademisi dari kedua Amerika Serikat dan Kanada sehingga membawa perspektif internasional untuk diskusi.
Winzer dan Mazurek telah mengumpulkan koleksi potongan, masing-masing berurusan dengan aspek yang berbeda dari inklusi, potongan-potongan yang bergulat dengan tantangan gerakan ini telah dihasilkan. Buku ini terdiri dari dua belas bab dibagi menjadi tiga bagian utama, masing-masing bagian yang diperkenalkan oleh, deskripsi singkat terorganisir dengan baik isinya. Bagian Satu mengeksplorasi konteks reformasi dalam pendidikan khusus membahas teori-teori filsafat, latar belakang peradilan, dan basis penelitian yang mendasari kebijakan gerakan. Bagian Kedua meneliti teknologi, penilaian, dan pendidikan guru, daerah yang dapat mendukung atau mengurangi inklusi seperti yang dipraktekkan. Bagian Ketiga (sejauh ini yang terbesar) penawaran dengan isu-isu yang melekat pada populasi tertentu. Ini termasuk anak-anak yang menyajikan tantangan yang paling kompleks untuk gerakan inklusi - anak yang gifted dan bakat istimewa, mereka yang emosional dan perilaku terganggu, yang tuli total (total deaf)dan mereka dengan sisa desibel, yang sangat muda, mereka dengan gangguan yang paling parah, dan mereka yang kesulitan diperparah oleh bahasa dan perbedaan budaya.
Kebanyakan bab dimulai dengan review singkat dan meyakinkan, termasuk sejarah dan latar belakang untuk subjek. Secara keseluruhan, ulasan yang informatif dan tidak terlalu teknis, tetapi mereka memberikan pembaca petunjuk untuk apa berikutnya. Banyak bab juga menguji asumsi-asumsi di balik topik. Misalnya, bab tentang penilaian mengambil hati-hati melihat asumsi di balik pendekatan kategoris yang penulis gambarkan sebagai defensibly logis, tapi cacat dalam praktek. Setiap bab memberikan wawasan kepada kompleksitas. Bab tentang anak-anak yang perilaku terganggu menjelaskan bagaimana guru dan siswa menjadi terkunci dalam siklus penguatan negatif. Bab tentang teknologi mengkategorikan perangkat lunak pendidikan menjadi dua jenis, satu yang mengasumsikan pasif dalam peserta didik (drill dan praktek) dan yang lainnya yang meminta interaksi kreatif (pengolah kata, meja penerbitan atas, spreadsheet). Dan bab tentang pendidikan multikultural menjelaskan bahwa gerakan ini kontroversial karena “membawa visi baru pluralis daripada Amerika berasimilasi” (hlm. 243-244).
Meninjau koleksi potongan pada suatu topik dapat menjadi bermasalah jika potongan belum dipilih dan / atau diedit dengan hati-hati. Pembaca harus mengharapkan kualitas yang konsisten dalam organisasi, kedalaman diskusi, relevansi, penggunaan penelitian terhadap anekdot, dan menulis. Itu di daerah ini yang saya menemukan diri saya agak lebih kritis teks Winzer dan Mazurek ini. Awalnya, saya bingung tentang penonton untuk buku. Bab tentang pelatihan guru, sementara kenyataannya diisi, tampaknya panggilan untuk senjata untuk administrator dan pembuat kebijakan, namun ada sedikit pembahasan asumsi yang mendasari (misalnya, kebutuhan untuk merekrut minoritas guru pendidikan khusus). Bab pertama pada gerakan inklusi sangat cocok untuk mahasiswa pascasarjana, sementara bab tentang pendidikan bagi mereka dengan gangguan perilaku berguna untuk berlatih guru.
Selain itu, bab agak tidak merata dalam presentasi mereka tentang sejarah dan latar belakang sebagai lawan pemeriksaan asumsi dan isu-isu praktis. Bab tentang Tuli didominasi sejarah dalam fokusnya. Aku kecewa bahwa penulis tidak bergulat dengan posisi yang lebih ekstrim diambil dalam perdebatan. Bab tentang inklusi bagi siswa penyandang cacat berat sangat bergantung pada keputusan yang dibuat oleh pengadilan, dasar hukum untuk dimasukkan, dan penggunaan paraprofesional, sedangkan satu di pendidikan multikultural adalah teoritis. Mungkin, perhatian atas adalah non-isu. Berbagai buku pasti menambah minat untuk membaca nya, dan, tentu saja, setiap topik harus ditangani sendiri.
Target audiens mungkin bukan siswa yang sudah dalam program sertifikasi guru, tetapi siswa baik di tingkat sarjana dan pascasarjana yang tertarik menguraikan masalah di mana gerakan inklusi telah menjadi geram. Winzer dan Mazurek melakukan pekerjaan yang mengagumkan dalam menyajikan cerdas, terorganisir dengan baik, gambaran yang menarik dan diskusi inklusi. Buku ini mudah dibaca, namun tidak menyederhanakan masalah yang kompleks atau mengorbankan penggunaan lucu metafora untuk singkatnya. Penulis tidak takut untuk mengambil berdiri kuat.
Winzer dan Mazurek telah mengumpulkan koleksi potongan, masing-masing berurusan dengan aspek yang berbeda dari inklusi, potongan-potongan yang bergulat dengan tantangan gerakan ini telah dihasilkan. Buku ini terdiri dari dua belas bab dibagi menjadi tiga bagian utama, masing-masing bagian yang diperkenalkan oleh, deskripsi singkat terorganisir dengan baik isinya. Bagian Satu mengeksplorasi konteks reformasi dalam pendidikan khusus membahas teori-teori filsafat, latar belakang peradilan, dan basis penelitian yang mendasari kebijakan gerakan. Bagian Kedua meneliti teknologi, penilaian, dan pendidikan guru, daerah yang dapat mendukung atau mengurangi inklusi seperti yang dipraktekkan. Bagian Ketiga (sejauh ini yang terbesar) penawaran dengan isu-isu yang melekat pada populasi tertentu. Ini termasuk anak-anak yang menyajikan tantangan yang paling kompleks untuk gerakan inklusi - anak yang gifted dan bakat istimewa, mereka yang emosional dan perilaku terganggu, yang tuli total (total deaf)dan mereka dengan sisa desibel, yang sangat muda, mereka dengan gangguan yang paling parah, dan mereka yang kesulitan diperparah oleh bahasa dan perbedaan budaya.
Kebanyakan bab dimulai dengan review singkat dan meyakinkan, termasuk sejarah dan latar belakang untuk subjek. Secara keseluruhan, ulasan yang informatif dan tidak terlalu teknis, tetapi mereka memberikan pembaca petunjuk untuk apa berikutnya. Banyak bab juga menguji asumsi-asumsi di balik topik. Misalnya, bab tentang penilaian mengambil hati-hati melihat asumsi di balik pendekatan kategoris yang penulis gambarkan sebagai defensibly logis, tapi cacat dalam praktek. Setiap bab memberikan wawasan kepada kompleksitas. Bab tentang anak-anak yang perilaku terganggu menjelaskan bagaimana guru dan siswa menjadi terkunci dalam siklus penguatan negatif. Bab tentang teknologi mengkategorikan perangkat lunak pendidikan menjadi dua jenis, satu yang mengasumsikan pasif dalam peserta didik (drill dan praktek) dan yang lainnya yang meminta interaksi kreatif (pengolah kata, meja penerbitan atas, spreadsheet). Dan bab tentang pendidikan multikultural menjelaskan bahwa gerakan ini kontroversial karena “membawa visi baru pluralis daripada Amerika berasimilasi” (hlm. 243-244).
Meninjau koleksi potongan pada suatu topik dapat menjadi bermasalah jika potongan belum dipilih dan / atau diedit dengan hati-hati. Pembaca harus mengharapkan kualitas yang konsisten dalam organisasi, kedalaman diskusi, relevansi, penggunaan penelitian terhadap anekdot, dan menulis. Itu di daerah ini yang saya menemukan diri saya agak lebih kritis teks Winzer dan Mazurek ini. Awalnya, saya bingung tentang penonton untuk buku. Bab tentang pelatihan guru, sementara kenyataannya diisi, tampaknya panggilan untuk senjata untuk administrator dan pembuat kebijakan, namun ada sedikit pembahasan asumsi yang mendasari (misalnya, kebutuhan untuk merekrut minoritas guru pendidikan khusus). Bab pertama pada gerakan inklusi sangat cocok untuk mahasiswa pascasarjana, sementara bab tentang pendidikan bagi mereka dengan gangguan perilaku berguna untuk berlatih guru.
Selain itu, bab agak tidak merata dalam presentasi mereka tentang sejarah dan latar belakang sebagai lawan pemeriksaan asumsi dan isu-isu praktis. Bab tentang Tuli didominasi sejarah dalam fokusnya. Aku kecewa bahwa penulis tidak bergulat dengan posisi yang lebih ekstrim diambil dalam perdebatan. Bab tentang inklusi bagi siswa penyandang cacat berat sangat bergantung pada keputusan yang dibuat oleh pengadilan, dasar hukum untuk dimasukkan, dan penggunaan paraprofesional, sedangkan satu di pendidikan multikultural adalah teoritis. Mungkin, perhatian atas adalah non-isu. Berbagai buku pasti menambah minat untuk membaca nya, dan, tentu saja, setiap topik harus ditangani sendiri.
Target audiens mungkin bukan siswa yang sudah dalam program sertifikasi guru, tetapi siswa baik di tingkat sarjana dan pascasarjana yang tertarik menguraikan masalah di mana gerakan inklusi telah menjadi geram. Winzer dan Mazurek melakukan pekerjaan yang mengagumkan dalam menyajikan cerdas, terorganisir dengan baik, gambaran yang menarik dan diskusi inklusi. Buku ini mudah dibaca, namun tidak menyederhanakan masalah yang kompleks atau mengorbankan penggunaan lucu metafora untuk singkatnya. Penulis tidak takut untuk mengambil berdiri kuat.
-- Beth Franks, Hobart and William Smith Colleges, Geneva, NY
Tidak ada komentar:
Posting Komentar